fbpx

Sekolah Islam Cabang Al Azhar Asy Syarif Cairo Mesir Se-Jawa Barat dan DKI Jakarta Mengadakan Pelatihan Guru-Guru di AMBS Garut

Yayasan Cakrawala Insan Azhari yang menaungi seluruh Sekolah Islam Cabang Al Azhar Asy Syarif Cairo Mesir di Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi Guru-Guru Pengampu Mata Pelajaran Kurikulum Al Azhar Asy Syarif Cairo Mesir. “Pelatihan dibagi menjadi 3 (tiga) wilayah, untuk wilayah Jawa Tengah dan Indonesia Timur diikuti 8 (delapan) sekolah yaitu Thursina International Islamic Boarding School Malang, Daarul Ukhuwah, eLKISI Mojokerto, Al Muttaqin Jepara, Pndok Pesantren Nur Adh Dhuha, Azhari Gorontalo, Darussalam Mojo dan Daarul Hikmah Luwuk, diselenggarakan pada hari Sabtu – Ahad tanggal 18-19 Desember 2021 bertempat di Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Mojokerto, untuk wilayah Sumatera terdiri dari 6 (enam) sekolah yaitu Al Azhar Kairo Aceh, Al Azhar Kairo Palembang, Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara, Al Ittifaqiyyah Indralaya, Al Azhar Cairo 4 Lawang, Al Azhar Diniyyah Jambi, diselenggarakan pada hari Senin-Selasa tanggal 27-28 Desember 2021 bertempat di Pondok Pesantren Al Ittifaqiyyah Indralaya, dan terakhir untuk wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta diselenggarakan di Al Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut pada hari Jum’at -Sabtu tanggal 7-8 Januari 2022, dengan narasumber 2 (dua) orang Syaikh Utusan Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir di Indonesia, yaitu Syaikh Hassan Taha Muhammad Abdussalam dan Syaikh Ahmad ‘Umar Tajuddin, diikuti 6 (enam) sekolah yaitu Azhari Rasuna, Azhari Lebak Bulus, Azhari Cilandak, Madina Tebet, Al Azhari Global Cikampek serta Al Mashduqi Boarding School Garut (AMBS Garut),  pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan para pengajar yang mengampu mata pelajaran Kurikulum Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir,” tutur Ketua Yayasan Cakrawala Insan Azhari  Bapak Dr. H. Syairozi Dimyati, M.Ed.

Syaikh Hassan Taha Muhammad Abdussalam, memberikan materi mengenai hakikat kurikulum Al-Azhar, pentingnya Pendidikan Agama Islam, dan bagaimana cara mengaplikasikan metode kurikulum Al-Azhar yang baik dan benar. Pada kesempatan itu beliau juga menyampaikan, ”Suatu kehormatan bagi saya bisa berkunjung ke Al Mashduqi Boarding School Garut, yang tahun ini merupakan tahun kedua mengaplikasikan kurikulum Al-Azhar. Kurikulum Al-Azhar merupakan kurikulum yang sangat sesuai dengan hakikat agama Islam, karena mempunyai keistimewaan, diantaranya dapat mengkolaborasikan antara ilmu Syari’at dan Bahasa Arab, mempelajari Fikih Empat Madzhab, Turats Islam, dengan pembahasan yang sangat luas dari inti permasalahan hingga cabang-cabangnya. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada para penggerak di lembaga ini, dalam menjalankan amanat yang sangat mulia untuk membimbing dan mendidik para santri dengan pendidikan Islam yang moderat. Semoga Allah SWT memberikan taufiq, kekuatan dan menjaga kepada kita semua dari segala keburukan.

 

Pada kesempatan yang sama Syaikh Ahmad ‘Umar Tajuddin memberikan pembahasan kepada peserta pelatihan, tentang bagaimana cara menyampaikan kurikulum tersebut untuk para santri, dalam pesannya beliau menyampaikan, “Kami sangat menyarankan kepada para orang tua untuk memperhatikan para anak-anaknya dengan menyekolahkan ke Sekolah Cabang Al-Azhar dan salah satunya adalah lembaga ini. Dengan mengutamakan hafalan Al-Quran, Hadist Nabi Muhammad SAW, karena ini merupakan kebaikan yang akan didapatkan di dunia dan akhirat. Semoga Allah SWT memberikan taufiq kepada kita semua dan kepada para penggerak di lembaga ini, ada pada jalan yang diridhoi-Nya.

Share This Article :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Fanspage
Channel kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Ada yang ingin ditanyakan?
Assalamu'alaikum.. Ada yang bisa kami bantu?